You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Inspektorat DKI Diminta Berperan Aktif Cegah Korupsi
.
photo Yopie Oscar - Beritajakarta.id

Basuki Minta Inspektorat DKI Cegah Korupsi

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, meminta Inspektorat DKI berperan aktif melakukan pencegahan tindak korupsi di satuan kerja perangkat daerah dan unit kerja perangkat daerah (SKPD/UKPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Tugas Inspektorat membantu SKPD/UKPD yang mungkin tergoda (main) untuk hilangkan kesempatan itu

"Tugas Inspektorat membantu SKPD/UKPD yang mungkin tergoda (main) untuk hilangkan kesempatan itu. Kenali masing-masing SKPD/UKPD, sehingga bisa diketahui karakter orang ini bagaimana. Harus setajam itu. Kasih tahu kalau ini tidak bisa, itu tidak bisa," kata Basuki, usai menyaksikan penandatanganan komitmen integritas pengawasan Inspektorat DKI, di Balai Agung, Rabu (4/2).

Oleh karena itu, kata Basuki, Inspektorat DKI hendaknya diisi oleh orang jujur mengingat tugas yang diemban bukan menangkap kesalahan yang dilakukan SKPD/UKPD, melainkan membantu pencegahan korupsi.

Djarot Apresiasi Kinerja Pejabat Hasil Lelang Jabatan

Inspektorat DKI, lanjut Basuki, juga harus berlaku selayaknya orangtua yang membantu anak-anak tidak di jalan yang salah. "Jangan lah kayak dulu, sengaja dibiarkan di jalan yang salah terus diperes," ujarnya.

Mantan Bupati Belitung Timur ini juga menyindir jajaran Inspektorat DKI sebelumnya yang memanfaatkan kesalahan pegawai untuk mengambil keuntungan sendiri. "Kan (memanfaatkan) gitu enggak boleh. Ada oknum LSM, aparat, yang main, Inspektorat harus bantu. Inspektorat masih ada yang pakai HP mahal itu pasti orang lama," ungkapnya.

Kepala Inspektorat DKI Jakarta, Lasro Marbun, berjanji siap mengubah paradigma lama tersebut. Di masa mendatang, auditor Inspektorat DKI harus melakukan pengawasan yang berorientasi pada pencegahan penyelewengan.

"Kalau sekarang kan mereka-mereka ini jadi semacam pembina, pengendali, sahabat, dan teman. Jadi dia tidak boleh gembira kalau temannya tersangka," tegasnya. 

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1228 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1155 personTiyo Surya Sakti
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1129 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1095 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1061 personNurito